BAB
1
PENDAHULUAN
1.1
LATAR
BELAKANG
Kota
depok tumbuh dan berkembang dengan cepat baik fisik wilayah,perekonomian sosial,budaya,
dan jumlah penduduk. Pembangunan di kota depok yang mencakup segala bidang
harus diiringi dengan fasilitas pemerintahan sebagai pengendali pada sektor-sektor
lain. Karena berkembangnya jaman itulah maka di kota depok di bangun beberapa
gedung-gedung dan pusat perkantoran. Untuk mendukung segala kegiatan di kota
depok khususnya di bidang pemerintahan agar kota depok tertata dengan baik,
Satuan Unit
Kerja atau yang sering juga disebut Instansi Pemerintah atau Kantor
Pemerintahan adalah sebuah Lembaga Pemerintah yang bertujuan untuk menyiapkan,
menyediakan, melaksanakan, mengawasi, dan mewujudkan program dari pemerintah
itu sendiri. dengan semakin banyaknya gedung dan pemerintahan harus pula
diimbangi dengan fasilitas informasi lokasi gedung pemerintahan tersebut, mulai
dari petunjuk arah sampai informasi melalui website
Media lain yang dapat digunakan
sebagai media informasi lokasi adalah Augmented reality (AR),
sesuai namanya, adalah teknologi yang mampu menyuguhkan informasi dan gambaran
tambahan secara virtual (virtual computer-generated imagery)
mengenai suatu obyek fisik di dunia nyata ketika obyek tersebut dapat dikenali
melalui metode computer vision dan object recognition, dan
dianalisis oleh komputer menggunakan perangkat lunak aplikasi augmented reality (AR).
Untuk itu penulis melakukan penelitian mengenai pembuatan “Aplikasi Augmented Reality Pencarian Gedung
Pemerintahan Kota Depok Berbasis Geographic Information System”,
aplikasi ini akan membantu masyarakat dalam mencari / menemukan gedung – gedung
pemerintahan di kota depok yang dimana tidak berada pada satu wilayah melainkan
tersebar di beberapa wilayah di kota depok. Terpilihnya augmented reality
sebagai aplikasi penyedia informasi kantor pemerintahan di kota depok karena
augmented reality merupakan teknologi yang menggabungkan obyek pada dunia maya
ke dunia nyata secara real-time dan merupakan teknologi yang relative baru
sehingga dapat memberi nilai tambah bagi institusi terkait. Aplikasi ini juga
dilengkapi dengan peta digital sehingga user dapat menggunakan aplikasi
tersebut dalam pencarian informasi kantor pemerintahan secara lebih interaktif
1.2
TUJUAN
PENULISAN
Adapun tujuan penulisan ini adalah
membuat aplikasi Augmanted Reality yang dapat membantu mencari informasi kantor
pemerintahan di kota depok sehingga setiap orang memiliki alternatif dalam
mencari informasi kantor-kantor pemerintahan di kota depok
1.3
BATASAN
MASALAH
Pembatasan dalam penulisan ini
mencakup penentuan lokasi kantor pemerintahan di kota depok untuk penggunaan
mobile berbasis operasi android,menampilkan lokasi kantor-kantor pemerintahan
dalam bentuk AR menggunakan wikitude API dan peta digital google map API
1.4
METODE
PENELITIAN
Metode penelitian berisi tahapan
dalam membangun aplikasi seperti tahap analisa,tahap desai,tahap implementasi
dan tahap pengujian
1.
Studi
literatur
Dalam
membangun aplikasi augmented reality lokasi bangunan pemerintahan kota depok
studi literatur yang diginakan meliputi pencarian referensi baik melaliu buku,
artikel di internet, tutorial, dan
jurnal yang berhubungan dengan pembuatan aplikasi augmented reality
2.
Perancangan
Perancangan
dalam tahap ini adalah penulis merancang tampilan antarmuka aplikasi
menggunakan photoshop CS3 dan perancangan program menggunakan UML (Unifield Modeling Language).
3.
Pembuatan
aplikasi
Pada
pembuatan aplikasi, penulis melakukan pengkodean dengan menggunakan android SDK
sebagai tools pembangun bahasa pemrograman java, eclipse sebagai editor,
wikitude API sebagai tools membangun augmented reality dan google map API
sebagai tools membangun map digital. Pembuatan aplikasi ini dilakukan pada
spesifikasi hardware seperti berikut
: processor intel Pentium 2.00 Ghz, Hardisk 500 GB, RAM 2GB
4.
Uji
Coba dan Implementasi
Pada
tahapan ini dilakukan uji coba aplikasi di perangkat keras mobile bersistem
operasi android.
1.5 SISTEMATIKA
PENULISAN
Penulis menyajikan
penulisan dalam 4 bab,masing-masing bab terdiri dari beberapa sub bab. Adapun
sistematika penulisan tersebut adalah sebagai berikut :
Bab
I PENDAHULUAN
Bab ini meliputi Latar
Belakang Masalah yang dihadapi, Ruang Lingkup, Tujuan Penulisan, Metode
Penelitian, dan Sistematika Penilisan yang digunakan untuk menyelesaikan
masalah yang ada
Bab
II LANDASAN TEORI
Bab ini merupakan
penjelasan tentang landasan teori yang digunakan. Memberikan gambaran secara
umum teori mengenai Augmented Reality, Android, Java, Eclipse, XML, dan UML.
Bab
III PEMBAHASAN PROGRAM
Dalam bab ini merupakan
review dari aplikasi yang telah dibuat sebelumnya disertai gambar yang dihasilkan
dari aplikasi.
Bab
IV KESIMPULAN DAN SARAN
Dalam
bab ini berisi kesimpulan dan saran pengembangan selanjutnya.