SELAMAT DATANG DI BLOG GW
HOME | ABOUT | CONTACT | TIPS

Tuesday 8 May 2012

TUGAS IBD (MANUSIA DAN KEBUDAYAAN)

      Menurut om wikipidea , Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda dari segi  biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (Bahasa Latin yang berarti "manusia yang tahu"), sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi di mana, dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan atau makhluk hidup; dalam mitos, mereka juga seringkali dibandingkan dengan ras lain. Dalam antropologi kebudayaan, mereka dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasanya, organisasi mereka dalam masyarakat majemuk serta perkembangan teknologinya, dan terutama berdasarkan kemampuannya untuk membentuk kelompok dan lembaga untuk dukungan satu sama lain serta pertolongan.
 Penggolongan manusia yang paling utama adalah berdasarkan jenis kelaminnya. Secara alamiah, jenis kelamin seorang anak yang baru lahir entahlaki-laki atau perempuan. Anak muda laki-laki dikenal sebagai putra dan laki-laki dewasa sebagai pria. Anak muda perempuan dikenal sebagai putridan perempuan dewasa sebagai wanita.
Penggolongan lainnya adalah berdasarkan usia, mulai dari janinbayibalitaanak-anakremajaakil balikpemuda/i, dewasa, dan (orang) tua.
Selain itu masih banyak penggolongan-penggolongan yang lainnya, berdasarkan ciri-ciri fisik (warna kulit, rambut, mata; bentuk hidung; tinggi badan), afiliasi sosio-politik-agama (penganut agama/kepercayaan XYZ, warga negara XYZ, anggota partai XYZ), hubungan kekerabatan (keluarga: keluarga dekat, keluarga jauh, keluarga tiri, keluarga angkat, keluarga asuh; teman; musuh) dan lain sebagainya.
Ada dua sudut pandangan yang akan kita jadikan patokan untuk menjelaskan tentang unsur-unsur yang membangun manusia
1)      Manusia terdiri dari empat unsur terkait , yaitu
a.       Jasad , yaitu badan kasar manusia , tubuh manusia dari bagian atas kepala sampai bagian bawah kaki yang Nampak pada luar nya dan dapat diraba dan dilihat
b.      Hayat , yaitu mengandung unsur hidup , yang ditandai dengan gerak
c.       Ruh , yaitu bimbingan dan pimpinan Tuhan , daya yang bekerja secara spiritual dan memahami kebenaran , suatu kemampuan mencipta yang bersifat konseptual yang menjadi pusat lahirnya kebudayaan
d.      Nafas , yaitu dalam pengertian diri atau keakuan , yaitu kesadaran tentang diri sendiri
2)      Manusia sebagai satu kepribadian mengandung tiga unsur yaitu :
a.  Id , yang merupakan struktur kepribadian yang paling tidak Nampak
b. Ego , merupakan bagian atau struktur kepribadian yang pertama kali dibedakan dari Id, seringkali disebut sebagai kepribadian
c. Superego , merupakan struktur kepribadian yang paling akhir , superego muncul dari dampak lingkungan sekitarnya 
B. HAKEKAT MANUSIA
a. Makhluk ciptaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.
b. Makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna , jika dibandingkan dengan makhluk lainnya. Terdiri dari dua hal , yaitu perasaan inderawi dan perasaan rohani . Perasaan rohani adalah perasaan luhur yang hanya terdapat pada manusia , misalnya :
1. Perasaan Intelektual
2. Perasaan Estetis
3. Perasaan Etis
4. Perasaan Diri
5. Perasaan Sosial
6. Perasaan Religius
c. Makhluk biokultural , yaitu makhluk hayati yang budayawi
d. Makhluk ciptaan Tuhan yang terikat dengan lingkungan (ekologi) , mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuan bekerja dan berkarya .
C. KEPRIBADIAN BANGSA TIMUR

            Manusia mendiami wilayah yang berbeda , berada di lingkungan yang berbeda juga . Hal ini membuat kebiasaan , adat istiadat , kebudayaan , dan kepribadian setiap manusia suatu wilayah berbeda dengan lainnya . Namun secara garis besar terdapat tiga pembagian wilayah , yaitu Barat , Timur Tengah , dan Timur .
Kita di Indonesia termasuk ke dalam bangsa timur , yang dikenal sebagai bangsa yang berkepribadian yang baik . Bangsa Timur dikenal dunia sebagai bangsa yang ramah dan bersahabat . Orang-orang dari wilayah lain sangat suka dengan Kepribadian Bangsa Timur yang tidak individualistis dan saling tolong menolong satu sama lain . Meskipun begitu , kebanyakan bangsa Timur masih tertinggal oleh bangsa barat dan Timur tengah
D. PENGERTIAN KEBUDAYAAN
Kebudayaan berasal dari kata bahasa sansekerta berasal dari kata budhayah yang berarti budi atau akal. Dalam bahasa latin , kebudayaan berasal dari kata colere yang berarti , mengolah tanah. Jadi kebudayaan secara umum dapat diartikan sebagai “segala sesuatu yang dihasilkan oleh akal budi (pikiran) manusia dengan tujuan untuk mengolah tanah atau tempat tinggalnya , atau dapat pula diartikan segala usaha manusia untuk dapat melangsungkan dan mempertahankan hidupnya di dalam lingkungannya”
Seperti di utarakan oleh Seorang antropolog yaitu E.B Taylor (1871) menyatakan bahwa kebudayaan itu merupakan kesenian , moral , hokum dan adat istiadat yang biasa dilakukan sehari-hari , sedangkan Selo Sumarjan dan Soelaeman Soemardi merumuskan kebudayaan sebagai semua hasil karya , rasa , dan cipta masyarakat
Sutan Takdir Alisyahbana mengatakan bahwa kebudayaan adalah manifestasi dari cara berpikir.
E. UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN
Bila kita mengenal apa itu kebudayaan , maka kita harus juga mengetahui unsur-unsur dari kebudayaan itu juga karena didalamnya terdapat penjumlahan dari beberapa unsur didalamnya , seperti yang dijelaskan dalam karyanya C.Kluckhohn berjudul Universal Categories of Culture mengemukakan , bahwa ada tujuh unsure kebudayaan universal , yaitu :
a. Sistem Realigi (Sistem Kepercayaan)
b. Sistem organisasi kemasyarakatan
c. Sistem pengetahuan
d. Sistem mata pencaharian hidup dan system-sistem ekonomi
e. Sistem teknologi dan peralatan
f. Bahasa
g. Kesenian
F. WUJUD KEBUDAYAAN
Menurut wujudnya kebudayaan terbagi menjadi 3 dimensi , yaitu :
1. Kompleks gagasan , konsep , dan pikiran manusia
     wujud disini bersifat abstrak dalam arti lain tak bisa dilihat tapi hanya bias dirasakan
2. Kompleks aktivitas
     wujud ini  biasanya dilakukan sehari-hari dalam bersosialisasi dan bersifat kompleks
3. Wujud sebagai benda
     wujud ini biasanya alat yang digunakan untuk membuat hasil karya      

   
G. ORIENTASI NILAI BUDAYA
Budaya dapat di nilai dari beberapa factor diantaranya :
* waktu
* alam
* karya
* sosialisasi
* karakteristik individu
H. PROBLEMATIKA KEBUDAYAAN 
      seiring dengan perkembangannya , kebudayaan juga mengalami beberapa problematika atau masalah-masalah yang cukup jelas yaitu :
1. Hambatan budaya yang ada kaitannya dengan pandangan hidup dan system kepercayaan
2. Hambatan budaya yang berkaitan dengan perbedaan sudut pandang atau persepsi
3. Hambatan budaya yang berkaitan dengan factor psikologi atau kejiwaan
4. Masyarakat terpencil atau terasing dan kurang komunikasi dengan masyarakat lainnya
5. Sikap tradisionalisme yang berprasangka buruk terhadap hal-hal yang baru


http://id.wikipedia.org/wiki/Manusia wikipidea
Mustopo, M.Habib; Manusia dan budaya kumpulan esay; Usaha Nasional, Surabaya , 1990
MP.Suyadi, Drs; Ilmu Budaya Dasar; Modul UT; PT Karunika, Jakarta, 1990
Muhamad Kadir SH, Ilmu Budaya Dasar; Fajar Agung, Jakarta, 1990
Soekanto Sorjono; Sosiologi suatu pengantar; Rajawali Pers, Jakarta, 1990

No comments:

Post a Comment