SELAMAT DATANG DI BLOG GW
HOME | ABOUT | CONTACT | TIPS

Saturday 7 June 2014

Bahaya Menggunakan PowerBank



Bahaya Menggunakan PowerBank – Semakin sering mobilitas kita berhubungan dengan gadget, semakin cepat juga daya baterai dalam gadget tersebut. Untunglah sekarang kita sudah dikenalkan dengan Powerbank, dimana alat elektronik mungil ini biasa disebut portable charger. Tapi taukah bahwa disamping fungsinya yang maksimal, juga terdapat kerugian bagi umur gadget kita?

Fungsi Powerbank

Powerbank pada dasarnya adalah media penyimpan daya listrik yang difungsikan untuk men-charge kembali gadget kita saat krisis daya, dimana posisi kita jauh dari stop kontak. Jika ditilik kembali, Powerbank hanya digunakan saat kita benar-benar membutuhkan. Bagaimana jika pengguna menyalahgunakan fungsi Powerbank secara berlebihan? Adakah efek negatifnya?
Sebelum kita membahas efek negatif dari Powerbank, kita bahas dulu kelebihan yang dipunyai Powerbank lebih dalam lagi.

Kelebihan Powerbank

1. Dengan banyaknya pilihan kapasitas mAh, memungkinkan kita untuk menyesuaikan kapasitas Powerbank sesuai dengan keperluan gadget kita.
2. Powerbank bersifat universal, artinya bisa disupply ke banyak gadget. Bermodal mini USB yang pas dengan port power, kita sudah bisa mentransfer daya yang tersimpan pada Powerbank dengan mudah, tentunya membutuhkan waktu sesuai kapasitas daya yang diperlukan oleh gadget tersebut.
3. Bentuknya yang portable dan ringkas membuat mobilitas kita tetap lancar.

Kekurangan Powerbank

1. Perbedaan tegangan, membuat umur baterai gadget kita menjadi pendek. Hal ini dikarenakan perbedaan tegangan antara Powerbank dengan gadget tersebut.
2. Dari kasus diatas, efek fisik yang terlihat pada baterai adalah bentuknya yang menggelembung, sehingga dapat merubah bentuk gadget.
3. Untuk beberapa merk, Powerbank masih dibilang mahal.
4. Bobot Powerbank relative berat dan ada beberapa merk powerbank yang masih memerlukan kabel USB untuk mengoperasikan Powerbank tersebut.
5. Sesuai fungsinya sebagai penyimpan daya, maka juga memerlukan proses charging yang mana proses pengisian daya ini memerlukan waktu yang panjang tergantung kapasitas dari Powerbank tersebut. Beberapa diantaranya ada yang memerlukan waktu antara 5 hingga 6 jam untuk mengisi penuh Powerbank.
Dari uraian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa keberadaan Powerbank adalah sebagai alternatif lain untuk mengisi daya gadget Anda disaat Anda benar-benar dalam kondisi jauh dari stop kontak. Tidak dianjurkan untuk menggunakan Powerbank terlalu sering guna menjaga kondisi komponen gadget Anda.

No comments:

Post a Comment