SELAMAT DATANG DI BLOG GW
HOME | ABOUT | CONTACT | TIPS

Saturday 7 June 2014

Kelebihan & Kelemahan Intel Atom




Kelebihan & Kelemahan Intel Atom –  Jika kita amati, spesifikasi untuk prosesor pada notebook maupun netbook sering menggunakan Intel Atom. Apa yang membedakan Intel Atom dengan Intel yang lainnya? Apa kelebihan dan kekurangan Intel Atom ini?
Pengertian Intel Atom
Intel Atom adalah prosesor terkecil yang dibuat dengan transistor terkecil di dunia. Prosesor ini secara keseluruhannya baru yang memang diperuntukkan untuk perangkat mobile internet dengan konsumsi daya kecil dan diproduksi dengan biaya kecil. Tujuan utama pembuatan Intel Atom ini adalah desain baru untuk memenuhi kebutuhan perangkat kecil namun memiliki kemampuan yang tinggi untuk mengatasi kebutuhan internet.
Pembuatan prosesor kecil ini menggunakan teknologi baru yang dinamakan “hafnium infused 45 nanometer high-k silicon” atau yang biasa disingkat dengan istilah teknologi 45 nanometer. Prosesor kecil ini ukurannya kurang dari 26 milimeter persegi dan berisi kurang lebih 47 juta transistor.
Selain ukurannya yang kecil, Atom juga diklaim hemat dalam mengkonsumsi daya, sekitar 1 sampai 2,55 watt yang mana ini sangat cocok untuk perangkat mobule yang memang diharuskan hemat baterai. Saat ini produk yang banyak menggunakan prosesor kecil ini adalah netbook dan nettop. Netbook adalah perangkat yang mirip dengan notebook dengan ukuran yang lebih kecil dan memiliki fungsi utama untuk berinternet, contohnya seperti Asus Eee PC 901, Axioo Pico, MSI Wind dan Acer Aspire One. Sedangkan nettop adalah perangkat yang juga difungsikan utama sebagai perangkat berinternet hanya saja bukan sebagai perangkat bergerak/mobile. Nettop mirip dengan desktop hanya saja fungsi utamanya memang untuk berinternet.
Kelebihan Perangkat Intel Atom
1. Harga terjangkau
2. Suaranya tidak bising karena tidak menggunakan pendingin aktif, sebagai gantinya digunakanlah heatsink.
3. Menggunakan perangkat baru yang memiliki efisiensi daya yang bagus
4. Penggunaan daya lebih kecil, yaitu antara 1 hingga 2,5 watt
5. Umur baterai lebih awet
Kekurangan Perangkat Intel Atom
1. Biaya perbaikannya relatif mahal karena jika terjadi kerusakan diantara prosesor ataupun motherboard, harus diganti keduanya karena keduanya terdapat dalam 1 paket.
2. Kinerjanya rendah
3. Tidak multicore
4. Tidak didedikasikan untuk gamer, designer, video editor dll.


No comments:

Post a Comment