SELAMAT DATANG DI BLOG GW
HOME | ABOUT | CONTACT | TIPS

Friday 29 June 2012

TULISAN IBD (MANUSIA & KEGELISAHAN)



"MENJELANG UN"




Aku, siswa salah satu Sekolah Menengah Atas di Jakarta, seperti siswa kelas 3 pada umumnya, tahun ini, aku akan menghadapi Ujian Nasional. Ujian Nasional yang selalu menjadi beban tersendiri bagi para siswa kelas 3, karena itu lah yang akan menjadi penentuan masa depan mereka. Masa depan mereka akan dimulai ketika mereka sudah bisa melewati Ujian Nasional dengan nilai yang baik, begitu pula sebaliknya, jika tidak berhasil melewati Ujian Nasional tersebut, masa depan akan terganggu, karena kita harus mengulang tahun depan, dan itu artinya pula, kita akan mengalami banyak kerugian, rugi waktu, rugi biaya, rugi usia, dan lain sebagainya. Di tambah lagi, rasa malu yang akan kita dapat karena kita tidak lulus Ujian Nasional.

Uuuhhhh, hal itu lah yamg membuat siswa kelas 3 tingkat SMA menjadi cemas dan gelisah. Kami tidak mau mengalami kegagalan, dan kami tidak mau mengecewakan orang orang disekitar kami, yang telah menaruh harapan besar pada kami.
Namun, aku berusaha untuk tetap tenang, aku memotivasi diriku sendiri agar tetap tenang dalam menghadapi UN, walaupun Ujian Nasional masih 4 bulan lagi, aku sudah mulai mempersiapkan diri sejak dini.

Kegiatan belajar-mengajar di sekolah aku ikuti dengan baik, mulai dari Pendalaman Materi, Jadwal Khusus, serta tambahan lainnya. Selain belajar di sekolah, aku juga mengikuti bimbingan belajar di luar (les). Memang sangat melelahkan, tapi aku berusaha untuk tetap focus menjalaninya, karena aku tidak mau menyesal di kemudian hari. Jadi, seperti kata pepatah “ berakit-rakit dahulu berenang-renang ketepian. “

Hari demi hari aku lewati seperti itu, hanya berhadapan dengan soal, soal, dan soal. Aku pun sempat sampai pada titik jenuh. Saat dalam kondisi seperti itu, aku biasanya mengatasinya dengan jalan-jalan ke Mall, atau menonton film. Atau biasanya juga aku berkumpul bersama teman, bersendau gurau, untuk sejenak menghilangkan pikiran dari Ujian Nasional. Dan biasanya, cara tersebut cukup ampuh untuk mengatasi rasa jenuh ku.

Dan sampailah pada Try Out pertama, aku berusaha mengikuti nya dengan baik. Tetapi saat Try Out pertama selesai dan hasilnya diketahui, aku sangat kecewa karena nilai ku rendah. Walaupun nilainya memenuhi syarat kelulusan, tapi tetap saja aku tidak puas. Aku ingin mendapat nilai yang baik, supaya bisa membanggakan kedua orangtuaku.

Karena mendapat nilai jelek di Try Out pertama, akau berusaha lebih giat untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Dan Alhamdulillah nilaiku perlahan mulai membaik, orang tua ku pun ikut senang.
Hari berjalan terasa cepat. Tak terasa, Ujian Nasional sudah tinggal 2 minggu lagi. Berbagai macam soal Try Out pun sudah ku hadapi. Aku berharap soal tersebut tidak akan berbeda jauh dengan soal Ujian Nasional Utama nanti.


Karena waktu sudah semakin dekat, aku pun maningkatkan porsi belajarku dengan belajar kelompok bersama teman ku. Kami biasanya belajar bersama di perpustakaan saat pulang sekolah.
Dan hari itu pun tiba, hari dimana siswa kelas 3 SMA di Indonesia menghadapi Ujian Nasional. Hari pertama aku lewati dengan lumayan baik, dan selesailah sampai hari ke empat. Ada rasa plong di diriku karena akhirnya aku sudah melewati Ujian Nasional. Ujian Sekolah dan Ujian Praktek pun sudah Aku lewati.

Namun, masih ada rasa gelisah yang mengganjal di benakku. Bagaimana hasil dari Ujan Nasional ku, bagaimana nilainya ? Pertanyaan itu selalu melintas di benakku. Namun, aku berusaha keras untuk tetap berpikir positive, aku selalu berdoa kepada Allah agar bisa lulus dengan nilai baik. Ditambah lagi dengan pikiran, mau kemana aku setelah ini ? jujur. Sampai sekarang pun aku masih bingung untuk menentukan universitas mana yang akan aku jadikan sebagai tempat menimba ilmu selanjutnya.

Hal hal seperti itulah yang menjadi pikiranku, perasaan gelisah yang sudah pasti dirasakan oleh seluruh siswa kelas 3 SMA di Indonesia. Yang kami harapkan sama, LULUS DENGAN NILAI MEMUASKAN !

No comments:

Post a Comment